Pacifier

atau empeng adalah sebuah benda yang biasa digunakan untuk menenangkan bayi kecil ketika merengek atau menangis. Akhir-akhir ini empeng sudah mulai ditinggalkan ibu-ibu zaman now, karena dianggap menyalahi kodrat manusia yang dianugerahi mulut untuk berbicara dan mengungkapkan ketidaknyamanan mereka.

Tapi…

Sebenarnya kita masih sering menggunakan empeng dalam bentuk yang lain. Menggunakan suatu alat untuk membuat orang lain diam sejenak, karena ‘rengekan’nya membuat telinga kita bising. Polusi suara. Mengganggu ketentraman hidup mereka. Kadang, empeng ini bisa berupa (1) diberi kenikmatan materi berupa uang atau tiket jalan2 gratis, (2) dijauhkan dari zona nyaman sehingga orang yang bising tersebut fokus terhadap permasalahan lain yang lebih urgen untuk kelangsungan hidupnya, atau (3) bisa juga malah langsung dibungkam, hening. Tanpa jejak.

Demonstrasi buruh yang seringkali dilandasi kebutuhan materi, akan segera diam jika dipenuhi tuntutannya. Dilipatgandakan penghasilannya, untuk diberikan kehidupan yang setara seperti buruh di negeri tetangga.

Guru-guru honorer yang seringkali bersuara karena dilandasi kebutuhan untuk legalitas dan pengakuan, akan segera diam jika diberikan gelar PNS, diakui oleh negara, dijamin kebutuhannya, hingga tua. Disegani sanak saudara.

Pengguna jalan yang jalannya ditutup paksa atau ditutup tiba-tiba secara sepihak tanpa alternatif yang lebih baik dari sebelumnya, juga akan segera diam jika jalan tersebut dibuka kembali seperti sedia kala.

Tapi apakah waktu kita cukup berharga untuk dihabiskan dengan terus merengek seperti bayi kecil yang menunggu diberi ’empeng’ untuk mengurangi polusi suara di telinga para tetangga?

Ah, mungkin saya saya sendiri juga akan merengek seperti itu juga, bila saya dihadapkan dengan situasi yang sama 😉

Terkadang kita lupa
Dunia ini tak akan selamanya
Menunggu kita
Menaklukan ragu, beranikan diri

Maudy Ayunda – Kejar Mimpi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s