GPA versus learning phase…

Mungkin masih berkaitan dengan tulisan sebelumnya mengenai grading, namun sepertinya tulisan ini lebih mengarah pada esensi dari nilai. Kalau mau dirunut, sebenarnya untuk apa kuliah, itu akan kembali ke masing-masing personal individu jawabannya. Saya hanya memberikan seperti apa proses kuliah itu.

Mahasiswa datang ke kampus > Masuk kelas > Menerima materi > assignment > mendapatkan nilai > Mahasiswa keluar dari kampus

Apakah cuma itu alurnya? Mungkin beberapa diantara mahasiswa dapat memiliki percabangan yang lebih dari satu, seperti apakah mahasiswa datang ke kampus pasti masuk kelas? *biggrin*

Lalu apakah proses dikelas hanya menerima materi? Kan masih ada proses lainnya seperti misalnya, berdiskusi, menyatakan pendapat, menerima perbedaan, bekerjasama, bla bla bla… Tapi sekalipun prosesnya sama, pastilah output yang keluar berbeda-beda.

Terbagi menjadi cluster apa sajakah output tersebut?
.: Mahasiswa yang IPK bagus, dan kaya pengalaman
.: Mahasiswa yang IPK bagus, dan tidak kaya pengalaman
.: Mahasiswa yang IPK tidak bagus, dan kaya pengalaman
.: Mahasiswa yang IPK tidak bagus, dan tidak kaya pengalaman

Tentu kita semua tidak mengharapkan output yang terakhir ya, karena trus ngapain dia di kampus kuliah beberapa tahun buang umur buang uang tapi gak dapet pengalaman, dapet IPK pun tidak..

Setelah berdiskusi panjang dengan Pak Sholiq dan Bu Feby di Ruang Rapat, dan mendapatkan banyak perspektif, ternyata tidak semua yang IPKnya bagus, memiliki behavior yang bagus, dan tidak semua yang IPKnya tidak bagus, memiliki behavior yang tidak bagus. Eaaa…. Trus apa dong kesimpulannya? yang bisa saya simpulkan adalah bahwa IPK dan kaya pengalaman itu tidak saling mempengaruhi, tapi kedua variable tersebut hanyalah variable dependen yang bergantung pada variable independen. Apa saja variable independennya? Kalau menurut saya pribadi, tergantung ketahanan mental si mahasiswa, tergantung pada kondisi fisik mahasiswa, tergantung juga pada environment. Kenapa dipilih tiga variable tersebut?

.: Ketahanan Mental, tidak semua mahasiswa memiliki ketahanan mental yang sama, mahasiswa A diberikan tugas 4 sks, dia masih stay alive, masih bisa nonton, masih bisa nongkrong, dan tugasnya well done. Sedangkan mahasiswa B, diberikan tugas 4 sks yang sama, tapi dia sudah stress dan menyerah apa adanya saja.
Impact: Jelas, IPK mahasiswa A > B, pengalaman A > B

.: Kondisi Fisik, mungkin seperti saya, yang kadang rentan penyakit pada masa-masa tertentu, sehingga mengganggu aktivitas dan proses belajar atau mengerjakan tugas atau juga bersosialisasi di organisasi. Mahasiswa A (kok A lagi) yasud, Si Tony bisa ikut 3 ekskul, sedangkan Si Dony baru ikut 1 ekskul tapi sudah lelah.
Impact: Jelas, pengalaman Tony > Dony, IPK Dony bisa jadi > Tony atau sebaliknya

.: Environment, lingkungan di kampus A ternyata lebih bisa mendukung kreativitas kewirausahaan dan politik dari kampus B. Sehingga mahasiswa yang kuliah di kampus A lebih cakap untuk melakukan proses marketing dan berpolitik daripada kampus B.
Impact: Jelas, pengalaman kampus A > kampus B

Tapi tiga contoh variable dan kehidupan diatas tidak eksak ya, tidak berarti kehidupan akan berjalan dengan scenario yang kita fikirkan. Ada juga yang karena environmentnya kurang bagus, maka dia akan mencari environment yang lebih baik, sehingga hasilnya juga lebih baik. Adapula yang karena ketahanan fisiknya kurang, sehingga dia menempatkan dirinya behind the screen, dan mencapai kesuksesan bukan di lapangan tapi lebih ke administrasi dan planner. Dan tiga variable diatas juga masih bisa ditambah lagi, misal kondisi religius tiap individu, atau kondisi pendidikan orang tua, atau kondisi keuangan, tergantung dari dimensi mana kita ingin slice.

Well, kenalilah diri sendiri, maka kita akan bisa mengetahui mana yang bisa kita raih, dan mana yang lebih baik kita biarkan ‘pergi’ untuk diraih orang lain dengan lebih baik 🙂

4 thoughts on “GPA versus learning phase…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s