It’s about parenthood…

Sudah lama banget nggak nulis, rasanya kaku, saat pertama kali mulai menulis kembali…

Begitu banyak yang ingin dituliskan, mulai bagaimana rasanya menjadi orang tua, sekalipun saya juga belum pernah menjadi orang tua… tapi kini pergaulan di sekitar saya memaksa saya untuk berfikir maju dan kedepan, bukan untuk saat ini, besok atau lusa… tapi bagaimana tahun depan, bagaimana 5 tahun lagi?

Setelah menjadi dewasa, selanjutnya ialah menjadi orang tua, meskipun masih banyak orang tua yang belum dewasa, but mostly orang tua seharusnya sudah dewasa. Melihat putra-putri mereka, bagaimana tingkah laku putra dan putri mereka, semuanya tak lepas dari peran orangtua dan bagaimana orang tua mendidik mereka.

Saya tidak berkata, bahwa orang tua saya yang terbaik, dan saya adalah anak yang dibesarkan dengan cukup kasih sayang, saya tidak berkata demikian, karena begitu banyak anak-anak di dunia ini yang besar tanpa kasih sayang, justru bisa menyayangi dengan sempurna, melebihi anak-anak yang dibesarkan dengan kasih sayang yang cukup. Well, lalu pertanyaan beralih pada, bagaimana cara membesarkan putra-putri yang sedemikian positif? Yang bahkan bisa mengubah sampah menjadi emas, Garbage In Gold Out, haha… itu bukan hal yang mustahil.

Saya juga tidak bermaksud untuk mengikutkan para orangtua ikut penyuluhan parenting, atau bimbingan konseling, itu semua nonsense kalau dari dalam batin diri kita tidak sepenuhnya ready menjadi orang tua. Sehingga pada akhirnya saya berkesimpulan bahwa, oh pantas saja surga ada di telapak kaki ibu, oh pantas saja bahwa malin kundang akan menjadi batu hanya dengan doa dari ibunya, dan banyak sekali pemahaman-pemahaman yang datang dengan sendirinya, dan tiba2 saja menjadi sangat mudah untuk dimengerti.

Mulai dari melihat bagaimana derita ibu hamil, mulai dari melihat bagaimana sakitnya ibu melahirkan, mulai dari betapa banting tulangnya ayah hanya untuk membuat sang anak menjadi merasakan apa yang teman sebayanya rasakan, sehingga ia tidak minder, sekalipun harus menutupi fakta yang terjadi… yang dulunya saya berfikir ‘bagaimana bisa? Hal itu mustahil terjadi!’ tapi kini mulai berfikir ‘oh ya mungkin saja, mungkin karena ini alasannya’

Dan bahwa menjaga anak kita utuh, selamat sampai dewasa, itu susahnya minta ampun, begitu besar probabilitas yang dapat terjadi yang akan mengancam anak kita, mulai dari jatuh saat bermain, mulai dari diculik orang, mulai dari salah pergaulan, begitu banyak sekali yang mungkin terjadi… Sudah selamat sampai besar saja Alhamdulillah, lalu bagaimana membuat anak yang selamat sampai besar dan bermoral positif, waaahh… sangat susah sekali… dan Cuma beberapa orang tua saja yang sukses seperti demikian. Bahkan tak jarang kesuksesan orang tua dikaitkan dengan kesuksesan anak-anaknya…

Mungkin itulah mengapa anak selalu menjadi penyejuk hati orang tua, mungkin itulah mengapa anak sangat diajarkan untuk menghormati orang tua, mungkin itulah mengapa anak selalu menjadi kebanggaan orang tua.

Dan kini, tugas kita para pemuda ialah bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik, sehingga generasi dari kita nantinya lebih baik daripada kita, para orang tua… 🙂

I’m still looking for this answer 🙂

4 thoughts on “It’s about parenthood…

  1. quote : “Dan kini, tugas kita para pemuda ialah bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik, sehingga generasi dari kita nantinya lebih baik daripada kita, para orang tua”
    ceritane pingin kawin to iki 😀

  2. Iya mbak, sama nih,
    Bingung..

    Kayaknya enak juga klo bs mempelajari parenting dari orang tua,
    mempelajari kesalahan mereka, lalu memperbaikinya,

    *coba mereka dulu ngeblog tentang parenting ya? hehe..

    Btw, Bu Iin sepertinya sudah mendokumentasikan perkembangan anak pertamanya, Key, di blog n Fb, tanya2/baca blog beliau aja, hehe..

    ato baca buku psikologi parenting?
    ato konsultasi ke psikolog ahli parenting?

    ato.. cari jodoh orang psikolog? :p

    *maaf saya ngelantur, 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s