Kalo gak kotor, gak belajar…

Pada suatu ketika, motor bapak mogok, dan tangan bapak penuh dengan oli yang item-item itu, aku baru pulang sekolah, dan langsung menjejeri bapak yang sedang ngutik-ngutik motor, lalu aku tanya, bapak ngapain sih?

Bapak menjawab, ‘mau ganti busi vin… motor bapak tadi mogok di jalan’, gak pake lama aku nanya ‘kok tahu sih klo businya yang rusak?’ trus bapak jawab ‘kata orang bengkel sih biasanya gitu, soalnya busi tempat keluarnya api buat pembakaran bensin yang akan diubah jadi tenaga mesin’, lalu aku ber ‘oooh’ panjang…

Baru diem sebentar, aku nanya lagi, atau lebih tepatnya meminta ‘aku aja pak, yang ambil businya’ dan yang tentu dengan tatapan meremehkan bapakku padaku seakan bilang ‘emang bisa? Orang kamu aja gak tahu tempatnya busi dimana’ hee…

Tapi yang namanya vivin, klo dilarang pasti bakalan tambah kekeuh nyoba, dan berkat mininya tanganku, jadi tanganku bisa menelusup ke dalam rangka motor, haha… dan mengambil busi putih itu… lalu kuberikan ke bapakku… Lalu bapakku mengambil peniti dan sedikit bensin, lalu mulai mengorek-ngorek dan membersihkan busi dengan asyiknya…

Dan tentu bukan vivin dooong namanya klo diem aja ngeliatin bapak lagi asyik begitu, hahaha… gak pake lama, aku mau ikutan ngorek-ngorek busi dengan peniti dan dibilas pake bensin, hahaha… kali ini bapak gak mau kalah, dibilang ntar bau semua tanganku dan nantinya kena marah dari ibu, tapi aku tetep pengen ngorek-ngorek busi motor, sambil merengek… saat itu aku SMP, hehehe… dan pastinyaa bapak ngasih busi itu ke aku, dan aku asyik ngorek, xixixi…

Lalu bapak sambil melihatku mengorek, bapak bilang ke aku, klo sifat ngeyel, kekeuh dan pengen tahu itu ada di aku sejak aku kecil, sampek gede begini, bapak juga bilang, klo sifat itu menurun dari bapak, begitu juga ke masku, yang dulu pernah memecahkan thermometer baru *ups* dan akhirnya dimarahin besar oleh ibu, karena harganya mahal dan itu baru beli, hanya karena pengen tahu dan pegang thermometernya *pada saat itu aku belum lahir, jadi aku tidak mengetahui keshahihan cerita itu dari bapak* hehe…

Sebenernya tulisan ini bukan dibuat untuk pamer kenakalan kecilku dan kecil masku dulu, tapi lebih kearah bahwa sifat ingin tahu itu bagus untuk awal belajar, sekalipun akhirnya gak happy ending, kayak masku yang mecahin thermometer atau tanganku yang bau bensin, tapi setidaknya dari situ aku bisa tahu dimana busi itu tempatnya, kenapa kok busi menjadi salah satu sparepart yang diutek-utek klo mogok, dan bagaimana cara ngorek busi secara manual *padahal kan lebih ringkes klo beli busi baru gitu loh* hehe, seperti iklan R*ns* klo ‘gak kotor, gak belajar’ yang lebih bisa diartikan ‘klo gak salah, gak belajar’ jadi wajarlah klo mahasiswa, siswa dan dosen itu pernah berbuat salah, dosen gak selalu tempatnya bener dan mahasiswa gak selalu tempatnya salah kok, justru dari perkuliahan itulah, kita sama-sama cari mana yang bener dan mana yang salah 🙂 itulah salah satu cuplikan cerita kecilku dengan bapak 🙂

Advertisements

8 thoughts on “Kalo gak kotor, gak belajar…

  1. Nek aku dulu mogoknya pas bapak nganter sekolah, terus aku dinunutin orang lewat, bapakku mbenerin motore sendirian. Nek gak dinunutin aku telat soalnya, he.h.e..

  2. mecahin termometer? sama dong 😀

    kejujuran sangat dijunjung tinggi di keluargaku, jadi ya akhirnya ngaku ketika ditanya ibu… hee… *padahal pertamanya udah kusimpen rapi*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s