Balance Scorecrash

Assalamualaikum Wr. Wb

Oke, maafkan saya pak Kaplan dan Norton, atau pak John Ward, saya telah mengganti balance Scorecard menjadi Balance Scorecrash, dengan tujuan menarik orang untuk lebih tertarik dengan blog saya 😀

Hahaha… seriously, pertama kali saya mendengar nama balance scorecard, what the hell it is? *eh ‘it is ato is it’ ya?* 😀 oke, jurusan saya menggunakan balance scorecard untuk pengukuran kinerja karyawan dan dosen kami, hmm… is it work? Jujur saya juga tidak begitu melihat perubahannya, mengapa?

Balance Scorecard terdiri dari berbagai strategi untuk mendukung visi dan misi sebuah organisasi, baik profit maupun non profit, dan selanjutnya akan dilakukan implementasi terhadap strategi tersebut, lalu dilakukan pengukuran, sudah sampai manakah atau sudah sejauh manakah kita mengimplementasikan balance scorecard ini? Atau dengan kata lain, sudah berapa persen kita meraih visi misi kita yang sudah kita tentukan di awal kepengurusan?

Oke, langsung saja, saya juga sudah mulai agak pusing juga mempelajari hal ini 😀 hehe… terdapat tujuan utama dari Jurusan kita, yang bersifat customer oriented dan financial oriented, *untuk organisasi profit biasanya hanya satu tujuan utama, yaitu financial oriented, dan karena Jurusan kami kebetulan berada pada perguruan tinggi yang notabene biayanya sebagian di supply oleh pemerintah, jadilah kami sebuah organisasi yang memiliki 2 orientasi utama, yaitu customer dan financial.

Bila dilihat dari segi customer, maka tujuannya ialah jelas, bagaimana usaha kami organisasi memuaskan customer, siapa customer Jurusan? Ada yang berpendapat bahwa mahasiswa ialah customer kami, ada pula yang berpendapat orang tua mahasiswa adalah customer kami, tapi ternyata customer kami ialah alumni, why? Karena alumni lah yang sesungguhnya merasakan efek dari pembelajaran di kampus ketika mereka mencari kerja atau membuka lapangan kerja baru, baik atau buruknya kualitas alumni suatu jurusan akan mempengaruhi kredibilitas Jurusan tersebut, hal ini juga dibuktikan dari adanya beberapa elemen penilaian akreditasi Jurusan di Perguruan Tinggi Indonesia, seperti, berapa rata2 nilai tunggu alumni untuk mendapatkan/membuat pekerjaan? Dan berapa persentase alumni yang bekerja atau tidak pada setiap tenggat waktu pengukuran.

Bila kita melihat dari sisi perusahaan, perusahaan tentu saja akan melakukan seleksi yang ketat bahkan menurut teman saya, terdapat 6 tahap seleksi untuk masuk di sebuah perusahaan yang lumayan ternama di negeri ini, kalau di data yang saya punya di Astra tahun 2008, ada 4 tahap.

Lalu apa hubungannya ini semua dengan balance scorecard? Oke, tampaknya sudah banyak yang tidak sabar, hehe… IMHO, *halah lagi2 IMHO, yaiyalaaah ini blogku gitu loh, klo note yang lain ya IYHO =))* rencana hanyalah sebatas rencana, bila tidak direalisasikan, walaaah kangelan vin bahasanya, oke… ada yang tahu resep masakan? Resep roti?  Selamanya hanya akan menjadi secarik kertas, bila kita tidak berusaha membuat roti atau masakannya dengan tangan kita, nggak bakalan ada yang namanya resep jadi roti sendiri tanpa dilakukan suatu usaha implementasi. Sama kayak balance scorecard hanya akan menjadi secarik kertas A3 yang full colour bila tidak ada upaya untuk mengimplementasikannya.

Dan saya masih percaya, bahwa rencana akan menentukan 50% keberhasilan anda, beda bila kita tidak mempunyai rencana, kemungkinannya mulai 0% – 100%, bila kita memiliki rencana kemungkinan keberhasilannya 50% – 100% dan sekalipun akhirnya kita gagal, bila kita memiliki rencana, kita tahu bagian mana yang akan dirubah, dan bagian mana yang perlu dibenahi lebih lanjut…

So, organisasi kami sudah memiliki balance scorecard, bagaimana dengan organisasi anda? Yuk, mari membuat rencana untuk keberhasilan kita semua 🙂

Wassalamualaikum Wr.Wb

Advertisements

2 thoughts on “Balance Scorecrash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s